SOAL - SOAL PERAWATAN DAN PERBAIKAN

SOAL - SOAL UJIAN UKP ATT III

ATT. III / UN PERAWATAN DAN PERBAIKAN ( I )

Jelaskan apa saja yang perlu di perhatikan dan dilakukan pada saat mempersiapkan paralel 2 buah diesel generator , baik pada mesin diesel dan maupun pada panel listrik ( Main switchboard )

Gambarkan  dengan  sket  secara sederhana  perjalanan  uap, mulai  keluar  dari katup utama ketel
uap sampai menjadi air pengisian dan kembali masuk kedalam ketel uap serta sebutkan nama nama pesawat uap / peralatan yang dilalui sistem tersebut.
 
3.      Jelaskan   bagaimana   perawatan   kompresor  udara   penjalan  ( Main air  compresor )  2  tingkat
         tekanan  ( Low  and  high   Pressure )  dan   sebutkan   nama  nama   komponen    penting    pada  
         kompressor  tersebu
     
4.      Gambarkan  dengan   sket  secara  lengkap   bekerjanya   sistem   mesin   pendingin  (Refrigerator
         System )  dan  jelaskan   peralatan    peralatan  listrik   apa   saja   yany   dipasang  dalam  sistem
         Tersebut.                                  


ATT  III / UN PERAWATAN DAN PERBAIKAN ( II )

1.a.   Mengapa secara teratur harus diambil diagram indikator dari sebuah motor induk.
   b.   Gambarkan sebaik mungkin bentuk dari sebuah diagram indikator  ( Diagram P V ) dari motor 2  
         tak yang di  lengkapi dengan  katup buang ( Exahaust valve )  dan juga  sebuah diagram indikator  
         motor 4 tak apakah ada perbedaan dari kedua diagram tersebut . Jelaskan.

2.      Jelaskan dasar dasar seorang masinis dalam melaksanakan program perawatan permesinan.

3.      Bagaimana  upaya  upaya  membuat  mesin  ( Engine  Maker )  untuk meningkatkan  daya tampa  
         perubahan  ukuran ukuran utama  dari  mesin  seperti : Diameter silinder,  langkah torak,  putaran,
         dan jumlah silinder.

4.a.   Jelaskan pengaruh alat pengabut yang tidak baik terhadapkinerja mesin induk.
Jelaskan pengaruh kualitas bahan bakar terhadap kinerja mesin.
Jelaskan kemungkinan  kemungkinan peyebab Gas Buang mesin induk terlalu tebal.

5.a.   Sebuah mesin pendingin ( Refrigrating plant ) kelihatan permukaan minyak pelumas  dalam karter
         kompresor berkurang terus / hilang .Jelaskan apa penyebab dan cara memperbaikinya.
Jelaskan dan gambarkarkan secara sket cara  cara  Refrosting ( Proses Defros ).


ATT  III / UN PERAWATAN DAN PERPAIKAN ( III )
 
1.a.   Buatlah skema  dari penataan  pipa bahan  bakar  jenis  MFO  dari tangki  penyimpanan sampai
         pada injector motor induk.
Berilah penjelasan bagaimana sistem tersebut diatas dapat menjamin bahan bakar yang disemprot
kan pada injector betul  betul bersih.

2.      Langkah  langkah  apakah yang  harus dilakukan  agar suatu  motor listrik dapat dioprasionalkan
         lebih lama.

3.      Buatlah rincian pekerjaan pada kegiatan overoul sebuah kompresor udara.
4.      Dengan cara bagaimana dapat diketahui kebocoran katup isap atau katup buang mesin diesel 4 tak
         dan bagaimana langkah perbaikannya.

5.      Jelaskan   bagaimana   mengetahui    suatu   injector   tidak    bekerja   dengan   baik   dan   langka
         perbaikannya.


ATT  III / UN PERAWATAN DAN PERBAIKAN ( IV )

1.      Ceritakan  bagaimana  caranya  anda  mengambil  crankweb  deflecktion  salah  satu silinder  dari
          motor induk putaran rendah.

2.      Sebuah torak motor induk 2 tak  type trunk piston yang terdiri dari piston crown, piston skir dan
         pendinnginan piston dengan  minyak pelumas.Setelah tercabut jelaskan pemeriksaan dan
         perbaikan yang perlu dilaksanakan untuk menentukan penggantian dari torak.

3.a.   Apakah penyebab terjadinnya ketukan ( knocking ) dalam silinder.
Apa penyebab retaknya kepala piston dan bagaimana cara memperbaikinya.

4.a.   Dalam  rangka   perawatan  dan   perbaikan   maka  hal  hal  apa  saja   yang  anda  lakukan  agar
         kerusakan terhadap sistem air pengisian boiler dapat terhindar.
Hal  hal apa saja yang anda lakukan pada sebuah kondensor air laut yang telah bocor, bagaimana
anda menentukan kebocoran.


ATT  III / UAD PERAWATAN DAN PERBAIKAN ( V )

1.      Gambarkan   dengan   sket   perjalanan  sistem   mesin   pendingin   ( Refrigrator  system )   untuk
         penyimpanan   permakanan  ( Ikan,  daging,  dan  sayuran )  dikapal  dan  jelaskan  secara  singkat
         fungsi setiap pesawat di dalam sistem tersebut.

   Dalam   sistem  perawatan  /  perbaikan   terencana    dan  perbaikan  insidentil  ( Perawatan  tidak
Terencana). Jelaskan  akibat akibatnya  apabilah piston ring pada salah satu silinder motor diesel
Penggerak  utama  yang  kondisinya  dilihat  pada  diagram  indikator  sudah  aus,  tipis dan kapal dipaksa beroprasi terus.

3.a.   Gambarkan  /  sket  secara  sederhana ketel  uap type  ketel pipa api ( Fire tube steam boiler ) atau
         Ketel Scott .
Jelaskan penggunaan katup  katup dan apendesi ketel Scott tersebut.

4.      Jelaskan perawatan dan perbaikan   Top overhoul  pada mesin induk  4 tak  dan tuliskan secara
         rinci semua komponen / bagian  bagian yang di buka, diperiksa dan diukur.

5.      Tuliskan  secara  rinci  semua  komponen / bagian  bagian apa saja yang harus diperiksa didalam
         ruang engkol ( Crank case ) dan bagaimana perawatannya.

6.      Motor bantu diesel  4 tak  akan  dilakukan  perawatan dan perbaikan  berkala   Major overhoul
         tuliskan   secara   terinci  bagian  bagian  apa  saja  yang  dicabut,  dibersihkan,  diperiksa  dalam
         perawatan.
Gambarkan ( sket )  dan jelaskan  bagian bagian  torak  ( Piston ) yang dilakukan pemeriksaan
Pengukuran.
Buatkan tabel / kolom hasil pengukuran diameter tersebut.

7.      Pada  kapal  barang  ( General cargo )  12.000 DWT  dengan motor diesel penggerak utama 6.300
         HP.  Dan dilengkapi  dengan  susunan  perwira  mesin  mulai  dari  masinis  IV, III, II  dan KKM.
         Jelaskan  secara  singkat  tugas  tugas  dan  tanggung  jawab  anda sebagai Masinis II dan kepala
         kerja kamar mesin dalam perawatan permesinan kapal.

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment